Pulang


Hampir 2 tahun mangkrak memang sungguh keterlaluan. Kalau diibaratkan rumah, mungkin blog ini sudah sampai jadi debu. Maafkan saya, hiks.

Pertengahan tahun 2016 s.d 2017 kemarin memang waktu terkuras untuk empowerment project di Flores. Selain waktu yang terbatas, keberadaan aliran listrik dan jaringan internet yang terbatas juga menambah kemalasan saya buat menulis. Kalau ada listrik ya sebisa mungkin saya gunakan untuk merampungkan report kerjaan yang harus segera dikirim ke kantor pusat di Jakarta. Padahal banyak sekali golden moment yang bisa menjadi bahan dan ide untuk tulisan.

Sementara 6 bulan ke belakang, saya sedang fokus merintis usaha di rumah: Wedangbanimansyur. Pelan-pelan juga terseok-seok rasanya mengurus bisnis sendiri. Meskipun untuk produksi saya kerjasama dengan Ibuk, tapi urusan manajemen, marketing, bahkan desain kemasan pun saya urus sendiri. Guna meminimalisasi biaya produksi, kalau kata dosen jaman kuliah dulu. Being newbie entrepreneur means you have to do all the work by yourself. Menguras tenaga, juga perasaan. Halah.

Sebenarnya 2 tahun kemarin saya tak benar-benar berhenti menulis. Sebisa mungkin tetap menulis walau sekedar ngetwit atau berbagi sedikit cerita di instagram. Menulis menjadi salah satu upaya saya agar mau bercerita dan lebih terbuka untuk berbagi tentang diri sendiri. Sebagai introvert memang lebih nyaman ketika menyimpan semuanya sendiri, menikmati imajinasi tanpa harus menceritakannya.

Semoga dengan pulang ke blog, bisa konsisten menulis, syukur-syukur mampu menulis hal yang bermanfaat buat orang lain. Feel free to discuss further :)




Featured image: suatu pagi di Pelabuhan Labuan Bajo, Flores

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menilik Hikmah Dibalik Pertempuran Tebing Merah

Mbel

Kurikulum Sekolah Kajian Strategis