Kurikulum Sekolah Kajian Strategis

Bismillah,,
Tepat 1 tahun + 1 hari yang lalu, 21 Oktober 2012 kurikulum Sekolah Kastrat ini terselesaikan. Bermodal pengalaman dan hasil diskusi dengan beberapa senior. Yang terbersit di hati saya saat itu, masa depan adik-adik menghadapi tantangan di masa kepengurusan mendatang. Harapannya sekolah ini paling tidak bisa menjadi bekal bagi mereka. Tapi memang belum takdirnya, hingga akhirnya posting ini di blog pun sekolah ini belum terlaksana. Apa mau dikata, manusia hanya bisa berikhtiar dan berusaha. Semoga kurikulum amatir ini bisa terlaksana dan memberi kebermanfaatan, entah kapan masanya. Ridhailah Rabb..  
***

A.   Tujuan Umum
  1. Meningkatkan pemahaman dan kapasitas peserta dalam ranah kajian strategis
  2. Tumbuhnya kepekaan peserta terhadap isu-isu dunia islam serta terbentuknya kemampuan untuk mewacanakan isu yang strategis
  3. Terbentuknya kemampuan peserta dalam memilih, mengkaji, mengolah dan mengemas isu berdasarkan data dan informasi yang akurat
  4. Peserta memiliki wawasan dan pengetahuan luas dan holistik, yang tercermin dari pemahaman yang baik terhadap kondisi masyarakat
B.    Target
Lahirnya kader-kader dakwah yang memiliki kepekaaan sosial terhadap isu-isu di sekitar, memiliki kemampuan analisis yang tajam, tercermin dari tulisan dan kemampuan berdiskusi serta mampu menentukan langkah gerak sebagai penyikapan isu/masalah yang terjadi di masyarakat.


C.   Rincian Materi dan Pokok Bahasan


No.
Materi
Pokok Bahasan
Tujuan

Tanggungjawab Intelektual Mahasiswa Dalam Konteks Gerakan Dakwah Kampus

1.      Definisi siapa intelektual mahasiswa
2.      Bagaimana cara mencapai derajat intelektual mahasiswa
3.      Peran dan tanggungjawab inteletual mahasiswa

1.      Peserta mengetahui peran dan tanggungjawab dirinya sebagai intelektual mahasiswa dalam gerakan dakwah kampus

Inisiasi dan Optimalisasi Fungsi Kajian Strategis


4.      Definisi, fungsi, arah gerak, ruang lingkup dan struktur gerakan Kastrat
5.      Kastrat sebagai think tank dalam pergerakan mahasiswa
6.      Ciri-ciri yang seharusnya dimiliki mahasiswa yang bergerak di ranah Kastrat  (trias tradition)

2.      Memperkenalkan bidang Kajian Srtategis kepada peserta sebagai struktur penting dalam pergerakan mahasiswa
3.      Memotivasi peserta untuk melakukan fungsi Kastrat
4.      Memperkenalkan trias tradition, yaitu membaca, menulis dan berdiskusi melalui sistem pengkajian suatu permasalahan


Gerakan Berbasis Kajian


1.      Memilih isu strategis
2.      Membangun kekritisan dalam menyikapi isu
3.      Kaidah asas dan fungsi pengorganisasian massa
4.      Metode taktis mengorganisasi massa
5.      Teknik membuat Kajian yang kritis, solutif dan menarik
6.      Memilah isu problematika umat strategis menurut skala prioritas
7.      Strategi menangkal dan menyerang isu
1.      Menanamkan pemahaman pentingya riset dan kajian dalam gerakan mahasiswa
2.      Peserta memahami metode mengorganisasi massa
8.      Peserta mampu membuat kajian yang kritis, solutif dan menarik


Jurnalistik Investigasi dan Riset Gerakan




1.      Metode investigasi dalam mendapatkan berita, data dan informasi yang akurat dan populer
2.      Mengolah data dan mengemas informasi
3.      Kaidah-kaidah asas riset gerakan, perbedaannya dengan riset akademis
4.      Merancang kerangka dasar riset gerakan
1.    Peserta memahami metode investigasi, mengolah data, mengemas informasi
2.    Peserta memahami kaidah dan kerangka dasar riset gerakan

Analisis Kebijakan


1.      Urgensi analisis kebijakan dalam gerakan
2.      Langkah-langkah analisis kebijakan yang baik

1.      Memberikan pemahaman dan langkah-langkah tentang analisis kebijakan kepada peserta

Manajeman Isu dan Propaganda



1.         Teknik manajemen isu yang baik dan benar agar mampu memikat publik (konsep gagasan, koordinasi massa, controling dan evaluasi)
2.         Teknik pendekatan dan pengemasan isu yang baik dan efektif
3.         Tools yang dapat digunakan untuk manajemen isu dan propaganda

1.      Peserta memahami teknik anajemen, pendekatan dan pengemasan isu yang baik dan efektif
2.      Peserta memahami tools yang dapat digunakan untuk manajemen isu dan propaganda
3.      Peserta memahami teknik manajemen, pendekatan dan pengemasan isu yang baik dan efektif
4.      Peserta memahami tools yang dapat digunakan untuk manajemen isu dan propaganda

Manajemen Jaringan (Network Society)


1.      Urgensi jaringan dalam gerakan
2.       Langkah takstis membangun jaringan
3.      Merawat jaringan sebagai bentuk gerakan massa
1.      Tumbuhnya kesadaran akan urgensi jaringan
2.      Peserta memahami langkah  taktis membangun dan merawat jaringan


Audiensi



1.         Definisi, fungsi dan target audiensi
2.         Teknik audiensi
3.         Sasaran strategis udiensi
1.      Memberikan pemahaman tentang urgensi audiensi
2.      Peserta mengetahui teknik dan sasaran audiensi


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menilik Hikmah Dibalik Pertempuran Tebing Merah

Mbel