Kurikulum Sekolah Kajian Strategis
Bismillah,,
Tepat
1 tahun + 1 hari yang lalu, 21 Oktober 2012 kurikulum Sekolah Kastrat ini
terselesaikan. Bermodal pengalaman dan hasil diskusi dengan beberapa senior.
Yang terbersit di hati saya saat itu, masa depan adik-adik menghadapi tantangan
di masa kepengurusan mendatang. Harapannya sekolah ini paling tidak bisa
menjadi bekal bagi mereka. Tapi memang belum takdirnya, hingga akhirnya posting
ini di blog pun sekolah ini belum terlaksana. Apa mau dikata, manusia hanya
bisa berikhtiar dan berusaha. Semoga kurikulum amatir ini bisa terlaksana dan
memberi kebermanfaatan, entah kapan masanya. Ridhailah Rabb..
***
A.
Tujuan Umum
- Meningkatkan pemahaman dan kapasitas peserta dalam ranah kajian strategis
- Tumbuhnya kepekaan peserta terhadap isu-isu dunia islam serta terbentuknya kemampuan untuk mewacanakan isu yang strategis
- Terbentuknya kemampuan peserta dalam memilih, mengkaji, mengolah dan mengemas isu berdasarkan data dan informasi yang akurat
- Peserta memiliki wawasan dan pengetahuan luas dan holistik, yang tercermin dari pemahaman yang baik terhadap kondisi masyarakat
B.
Target
Lahirnya kader-kader
dakwah yang memiliki kepekaaan sosial terhadap isu-isu di sekitar, memiliki
kemampuan analisis yang tajam, tercermin dari tulisan dan kemampuan berdiskusi
serta mampu menentukan langkah gerak sebagai penyikapan isu/masalah yang terjadi
di masyarakat.
C.
Rincian Materi
dan Pokok Bahasan
No.
|
Materi
|
Pokok Bahasan
|
Tujuan
|
|
Tanggungjawab Intelektual Mahasiswa Dalam Konteks
Gerakan Dakwah Kampus
|
1.
Definisi siapa intelektual
mahasiswa
2.
Bagaimana cara mencapai derajat
intelektual mahasiswa
3.
Peran dan tanggungjawab
inteletual mahasiswa
|
1.
Peserta mengetahui peran dan
tanggungjawab dirinya sebagai intelektual mahasiswa dalam gerakan dakwah
kampus
|
|
Inisiasi dan Optimalisasi Fungsi Kajian Strategis
|
4. Definisi, fungsi, arah gerak, ruang lingkup dan struktur gerakan Kastrat
5. Kastrat sebagai think tank
dalam pergerakan mahasiswa
6. Ciri-ciri yang seharusnya dimiliki
mahasiswa yang bergerak di ranah Kastrat
(trias tradition)
|
2. Memperkenalkan bidang Kajian Srtategis kepada peserta sebagai struktur
penting dalam pergerakan mahasiswa
3. Memotivasi peserta untuk melakukan fungsi Kastrat
4. Memperkenalkan trias tradition,
yaitu membaca, menulis dan berdiskusi melalui sistem pengkajian suatu
permasalahan
|
|
Gerakan Berbasis Kajian
|
1.
Memilih isu strategis
2.
Membangun kekritisan dalam menyikapi isu
3.
Kaidah asas dan fungsi pengorganisasian massa
4.
Metode taktis mengorganisasi massa
5.
Teknik membuat Kajian yang kritis, solutif dan menarik
6.
Memilah isu problematika umat strategis menurut skala prioritas
7.
Strategi menangkal dan menyerang isu
|
1. Menanamkan pemahaman pentingya
riset dan kajian dalam gerakan mahasiswa
2. Peserta memahami metode
mengorganisasi massa
8.
Peserta mampu membuat kajian yang kritis, solutif dan menarik
|
|
Jurnalistik Investigasi dan Riset Gerakan
|
1.
Metode investigasi dalam mendapatkan berita, data dan informasi yang
akurat dan populer
2.
Mengolah data dan mengemas informasi
3.
Kaidah-kaidah asas riset gerakan, perbedaannya dengan riset akademis
4.
Merancang kerangka dasar riset gerakan
|
1. Peserta memahami metode
investigasi, mengolah data, mengemas informasi
2. Peserta memahami kaidah dan
kerangka dasar riset gerakan
|
|
Analisis Kebijakan
|
1.
Urgensi analisis kebijakan dalam gerakan
2.
Langkah-langkah analisis kebijakan yang baik
|
1. Memberikan pemahaman dan
langkah-langkah tentang analisis kebijakan kepada peserta
|
|
Manajeman Isu dan Propaganda
|
1.
Teknik manajemen isu yang baik dan benar agar mampu memikat publik
(konsep gagasan, koordinasi massa, controling dan evaluasi)
2.
Teknik pendekatan dan pengemasan isu yang baik dan efektif
3.
Tools
yang dapat digunakan untuk manajemen isu dan propaganda
|
1. Peserta memahami teknik
anajemen, pendekatan dan pengemasan isu yang baik dan efektif
2. Peserta memahami tools yang dapat digunakan untuk manajemen isu dan
propaganda
3. Peserta memahami teknik
manajemen, pendekatan dan pengemasan isu yang baik dan efektif
4. Peserta memahami tools yang dapat digunakan untuk manajemen isu dan
propaganda
|
|
Manajemen Jaringan (Network Society)
|
1.
Urgensi jaringan dalam gerakan
2.
Langkah takstis membangun jaringan
3.
Merawat jaringan sebagai bentuk gerakan massa
|
1. Tumbuhnya kesadaran akan
urgensi jaringan
2. Peserta memahami langkah taktis membangun dan merawat jaringan
|
|
Audiensi
|
1.
Definisi, fungsi dan target audiensi
2.
Teknik audiensi
3.
Sasaran strategis udiensi
|
1. Memberikan pemahaman tentang
urgensi audiensi
2. Peserta mengetahui teknik dan sasaran
audiensi
|
Komentar
Posting Komentar